Sunday, April 10, 2011

Cara Membuat Web-Forum!

Hay Guys, Bagi Blog Kalian yang Gak pandai Bikin Forum Kayak Rhenz Blog, Atau Mungkin Sudah Banyak Pengunjungnya, Mungkin Sebaiknya Membuat Web-Forum! Pastinya kita akan merasa bangga apabila forum-forum misalnya seperti forum Usaha, Bisnis dan forum-forum terkenal lainnya adalah kita adminnya alias kita yang punya. banyak pengunjung, banyak posting, banyak yang tahu walaupun sebenernya dari forum itu kita tidak mendapatkan imbalan berupa materi (walaupun ada juga yang menyisipkan iklan didalamnya).
Dalam membuat forum tentunya kita mengharapkan forum kita itu akan banyak dikunjungi orang, seperti halnya membuat blog..yang intinya pengen terkenal. tapi sekarang masalahnya, bagaimana forum kita ingin terkenal sedangkan kita sendiri belum tau bagaimana caranya membuat forum itu..he he he..

Oke, langsung aja..buat kalian yang belum tau cara membuat forum, gampang koq bikinnya..dan yang penting bikinnya itu 100% gratis..(pasti seneng klo yang namanya gratis..hihi)..nih caranya :

1. Masuk ke www.forumotion.com, lalu kamu pilih yang "CREATE A FORUM"..
2. Setelah itu bakalan ada 3 tahap yaitu Style (utk memilih template forum), Fill the Forum (utk pengisian data forum), Verify your password (verify password kamu).
3. Setelah melalui 3 tahap tersebut, maka akan ada tulisan congratulation seperti di bawah ini :

Contoh di atas misal alamat forumnya http://f-we.hateam.com (ini forum FWE)

4. klo sudah, lalu kamu masuk ke alamat forum yang kamu buat tadi.. lalu masukan :
Username : "kamu isi ADMIN"
Password : "kamu isi password yang td kamu isikan di awal"

5. kemudian, untuk memasukkan tema-tema yang nantinya bakalan kamu tampilkan di forum seperti forum  yaitu kamu tinggal masuk ke bagian "Panel Admin" posisinya ada di paling bawah koq (tepatnya di paling bawah, dan ditengah).

nb : "panel admin ini hanya akan keluar jika kita Login Dengan Username Admin, selain username admin(Member, Guest, Moderator, Etc)..gak akan bisa.."

6. Klo dah masuk bagian "Panel Admin", untuk memasukkan kategori-kategorinya kamu tinggal pilih yang "Admin Umum", biar gampang..liat gambar di bawah ini :


7. Dan yang terakhir, untuk menambah atau menghapus kategori km pilih menu "Categories and Forums", contohnya nanti bakalan muncul gambar di bawah ini :

Keterangan :

Add a link : "Digunakan untuk menambah kategori"
Ubah : "Untuk mengubah"
Permission : "Untuk Mengubah Izin Dalam Meng-akses Forum"
Resync : "Gak tahu apa artinya.. :p"
Hapus : "Buat ngehapus kategori"

8. "Mission Complete"

Kamu juga bisa masukin tempat chatting kq di forumnya, lumayan buat interaksi antar member forum kamu..klo sekiranya dah beres, tinggal di "Preview aJa", apa dah sesuai atau belum..

Bisa kan sekarang membuat forum, jangan lupa gabung juga donk di forum FWE.. Nih Alamatnya Http://www.f-we.hateam.com...(promosi dikit..he he he)

Ditunggu ya..
oia satu lagi, sebenernya situs yang menyediakan cara membuat forum ada banyak..tapi yang saya tau dan simple ya cuma ini..selamat membuat forum kawan...

Happy Blogging

No comments:

Post a Comment